Cara Membuat Hotspot WiFi di Windows 10/8/7 PC & Laptop

Cara Membuat Hotspot WiFi di Windows 10/8/7 PC & Laptop

Windows memiliki fitur luar biasa yang memungkinkan Anda membuat Hotspot WiFi portabel di perangkat apa pun yang menjalankan Windows 10 / 8.1 / 8/7, tidak masalah apakah itu Laptop atau Komputer, ia berfungsi dengan keduanya. Dengan mengubah komputer Anda menjadi WiFi Hotspot, Anda dapat menghubungkan perangkat lain ke jaringan WiFi yang kami buat dan juga berbagi Internet dengan perangkat itu. Jika Anda memiliki koneksi Internet di PC Anda, maka Anda dapat menggunakan Internet yang sama pada ponsel cerdas Anda atau perangkat lain juga. Jika koneksi internet Anda terhubung ke PC Anda melalui wifi Router maka Anda dapat langsung menggunakan Internet dari router ke Perangkat Anda. Sekarang, apa yang akan Anda lakukan jika Anda tidak memiliki router wifi? Di sinilah metode yang disebutkan di bawah ini ikut bermain.
Jika komputer Anda termasuk komponen wifi, maka Anda dapat membuat hotspot wifi dengan itu. Hampir semua Laptop dan PC modern memiliki chip wifi di dalamnya langsung dari kotak dan Jika komputer Anda tua dan tidak memiliki komponen wifi, maka Anda juga dapat menggunakan Adaptor wifi yang Anda dapat langsung tancapkan ke port USB. Adaptor USB WiFi sangat murah dan akan membantu Anda mengubah komputer Anda menjadi hotspot WiFi dalam waktu kurang dari satu menit jika Anda belum memiliki Wifi Chip di PC / Laptop Anda.
buat hotspot wifi di windows
Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang membantu kita untuk membuat hotspot wifi di komputer kita, tetapi hari ini dalam artikel ini saya akan menunjukkan kepada kalian bagaimana membuat hotspot wifi tanpa aplikasi pihak ketiga dan dengan fitur windows bawaan. Saya akan membagikan beberapa metode untuk berbagai versi Windows. Jika Anda memiliki Windows 10, maka itu sedikit lebih mudah.

Cara Mengubah PC Windows Anda Menjadi Hotspot Wi-Fi

Jangan khawatir jika Anda memiliki berbagai versi Windows yang diinstal di komputer Anda. Saya akan membagikan metode untuk Windows 10/8/7, teruskan versi Anda dan menyelesaikannya dengan cepat.

Buat WiFi Hotspot di Windows 10

Jika Anda menjalankan pembaruan Windows 10 Anniversary, maka Anda adalah yang paling beruntung dari semuanya. Dengan pembaruan baru ini, Microsoft mendorongnya ke tingkat lain dengan menambahkan satu tombol sakelar untuk mengaktifkan dan menonaktifkan WiFi Hotspot. ya, Anda tidak salah dengar. Jika Anda memiliki Windows 10 Anniversary yang diperbarui atau versi dan versi Windows 10 lainnya kemudian ikuti metode di bawah ini.
  • Pertama-tama, Buka Pengaturan dan pilih opsi yang disebut "Jaringan dan Internet"
buat hotspot wifi di windows
  • Kemudian Gulir ke bawah sedikit dan Anda akan menemukan opsi yang disebut "Hotspot Seluler" Klik di atasnya.
  • Sekarang, putar sakelar ke posisi AKTIF untuk segera memulai WiFi Hotspot.
hotspot wifi di windows 10
  • Untuk menyesuaikan dan menambahkan SSID dan Kata Sandi Jaringan WiFi khusus, klik tombol Edit.
  • Sekarang, pada popup yang muncul, Ketikkan SSID dan Kata Sandi dan klik tombol simpan
hotspot wifi untuk windows
  • Voilaa! Kami telah membuat Jaringan Hotspot WiFi di PC / Laptop Windows 10 kami.

Hubungkan Hotspot

Jika Anda menggunakan Windows 10 maka hanya sepotong kue bagi Anda untuk membuat Hotspot WiFi portabel. Sekali lagi, fitur dan opsi sangat terbatas dengan ini. Di situlah Connectify berperan. Ini adalah perangkat lunak sederhana yang memungkinkan kami membuat hotspot WiFi di Komputer atau Laptop kami yang menjalankan hampir semua versi utama Windows yang mendukung. Saya telah menggunakan layanan mereka dan saya cukup puas dengannya. Saya menggunakan versi gratis mereka selama sekitar 4 Hari dan kemudian menggunakan versi Pro selama 2 Hari dan kesan awal saya sangat bagus.
Untuk menggunakan Connectify,
  • Buka halaman Connectify download dan unduh perangkat lunak dari situs resminya.
  • Lakukan pengaturan aplikasi secara teratur
  • Sekarang ketikkan SSID / Nama dan Kata Sandi Jaringan pilihan Anda dan Anda semua baik-baik saja. Bagian terbaiknya adalah Anda bahkan dapat menambahkan Emoji ke Nama.
Connectify untuk Windows
  • Klik pada tombol Mulai Hotspot dan Voila, begitulah.
  • Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkan opsi Blok Iklan.
Selain dari Hotspot, Connectify juga dapat digunakan sebagai Wired Router dan juga WiFi Repeater. Jika Anda ingin memperluas jangkauan sinyal WiFi Anda, ubah mode ke WiFi Repeater dan konfigurasikan sesuai itu.

Buat WiFi Hotspot di Windows 8 dan 7 dengan CMD

Seperti yang disebutkan sebelumnya, opsi yang tersedia di Windows 10 tidak semuanya tersedia di Windows 8 atau Windows 7. Dalam hal ini, agak sulit bagi kita untuk membuat WiFi Hotspot di Windows 8 dan 7. Tapi, saya akan menjelaskan dalam metode dan istilah sederhana. Lihatlah SSID / Nama Jaringan WiFi Terbaik .
Langkah 1: Tekan Tombol Windows + X.
Langkah 2: Dari pop-up, pilih Command Prompt (Admin)
Langkah 3: Sekarang klik tombol Ya untuk memberikan izin Administrator
Langkah 4: Di Command Prompt Window rekatkan perintah yang diberikan di bawah ini dengan perubahan yang diperlukan.
Ini adalah judul kotak
netsh wlan mengatur hostnetwork mode = allow ssid = YourSSIDName key = YourKey
Langkah 5: Ganti YourSSIDName dengan nama jaringan wifi Anda.
Langkah 6: Ganti YourKey dengan kata sandi wifi Anda
Langkah 7: Tekan Enter.
Sekarang Anda telah membuat koneksi nirkabel, selanjutnya adalah mengaktifkannya.
Langkah 8: Sekarang cukup lewati perintah yang diberikan di bawah ini di jendela CMD untuk memulai koneksi nirkabel ini.
netsh wlan mulai hostnetwork
Sekarang ambil perangkat Anda yang ingin Anda gunakan Internet dan nyalakan wifi. Sekarang cari koneksi yang tersedia dan Anda akan menemukan koneksi yang baru dibuat ini ketuk itu dan masukkan kata sandi yang Anda sebutkan sebelumnya. Itu saja sekarang Anda menggunakan koneksi internet PC Laptop Anda di smartphone Anda atau perangkat lain

Kata-kata terakhir

Inilah cara kami membuat WiFi Hotspot di hampir semua versi Windows dan menghubungkan perangkat lain ke jaringan ini. Ini akan sangat berguna ketika Anda ingin menghubungkan Telepon Anda atau gadget serupa lainnya ke Komputer Anda dan berbagi Internet. Juga, di tempat-tempat seperti hotel dan pesawat terbang di mana ia memiliki keterbatasan untuk sejumlah perangkat yang dapat Anda sambungkan, trik ini sangat berguna